Rekreasi di Jawa barat

Wisata Lebaran ala Backpacker Nekad Traveler

Berkunjung ke mall, Bioskop serta mendatangi tempat-tempat megah dan modern di dalam kota rasanya sudah bosan dan kurang pas untuk mengisi liburan panjang hari raya. Obyek wisata yang masih terlihat alami seperti pegunungan, pantai serta danau sepertinya akan terasa lebih nyaman untuk melepas kepenatan aktivitas kita sehari-hari.
Ibarat pepatah mengatakan Sekali mendayung dua tiga pulau terlewati, sekali berlibur 2 , 4 atau 6 tempat wisata tersinggahi. Nekad traveler kali ini tempatwisatadijawabarat.com akan mengajak untuk menjelajahi tiga kabupaten dengan mengunjungi 5 tempat wisata, Start dimulai dari Bandung kemudian finis Kabupaten Garut. Backpacker / Pelancong yang suka dengan tantangan dan ingin mencoba berhrtwisata menjelajahi keindahan pantai selatan Jawa Barat dengan sedikit nekat dapat memilih tempat berikut ini.

1. Tempat wisata yang pertama dikunjungi adalah Situ Patenggang
Rute dimulai dari Bandung dengan mengunjungi situ patenggang. Dari terminal leuwipanjang Bandung untuk sampai di Situ Patenggang menggunakan 2 jasa angkutan, pertama menaiki mobil colt L300 tarif sekitar 10ribu, dilanjutkan dengan angkutan perkotaan dengan tarif sekitar 5 - 8 Ribu. Jika mau Nekat anda bisa ikut menumpang kendaraan yang pulang menuju Ciwidey setelah mengangkut sayuran ke pasar Caringin Bandung, lalu berhenti di pintu gerbang Situ Patenggang.

2. Obyek wisata ke dua yang disinggahi ialah Pantai Pelabuhan Jayanti
Petunjuk jalan ke Pantai Jayanti dari situ Patenggang ialah melewati Rancabali - Bale - Naringgul - Cidaun (Pantai Jayanti). Satu satunya transportasi untuk menuju Cidaun ialah menggunakan kendaraan Elef (mini bus) yang melewati Cidaun dengan trayek Ciwidey - Sindang Barang. Jalan ini merupakan akses terdekat dari Cianjur selatan menuju Bandung, kendaraan yang sering melintas di jalan ini biasanya mereka yang memasok sayuran dan rempah-rempah ke Bandung, jadi kita bisa menumpang mobil yang pulang menuju Cianjur selatan sampai terminal Cidaun. Dari terminal Cidaun menuju Pantai Jayanti biasanya menggunakan jasa ojeg motor. Namun jika kita kuat maka bisa memilih jalan kaki dengan menggunakan jalan Cipanglay menyusuri pantai selama 4 KM sampai lokasi Pelabuhan Jayanti.
Ditempat ini masih banyak penginapan seperti villa Dua Dara, kemudian penginapan dengan type bungalou seperti pengiapan Putri dan mely, ada juga yang tarifnya cukup murah sekitar 50 ribu permalam, jika ingin gratis kita bisa mendirikan tenda di Pantai atau yang lebih nekad lagi yaitu mencari saung milik petani di kebun-kebun sekitar lokasi Pantai, untuk sekedar numpang menginap dijamin akan diizinkan mengingat masyarakat disini masih cukup ramah.
Ingin makanan ikan gratis? Jika mau bersabar dan bekerja membantu menaikan perahu ke tepi pantai saat perahu nelayan mendarat biasanya kita akan dikasih upah dalam bentuk ikan hasil tangkapan.
Jembatan Cilaki
Didah di Jembatan Cilaki, Jembatan yang menghubungkan antara Cianjur dan Garut

3. Lokasi wisata selanjutnya Pantai Rancabuaya
shelter Pantai Ranca
Shelter di Rancabuaya
Jarak Jayanti - Rancabuaya adalah 22 km. Setelah puas menikmati panorama Jayanti perjalanan di lanjutkan ke Pantai Rancabuaya, untuk saat ini tidak ada trayek angkutan menuju tempat ini selain ojeg motor. Bagi nekad traveler seperti biasa menunggu tumpangan gratis seperti mobil pengangkut rempah atau mobil proyek perbaikan jalan lintas Selatan Jawa Barat. Kesan yang menyenangkan akan kita dapatkan saat kita sedang berada di jalan ini, hampir sepanjang jalan kita dapat melihat pemandangan pantai yang indah mengingat letak jalan jaraknya sekitar 50 - 150 meter dari pinggir pantai.
Jika akan menginap banyak villa tersedia disini seperti Villa Jayasakti yang menyediakan kamar AC,
penginapan yang murah juga tersebar di sepanjang pantai, dan jika memilih yang gratisan bisa tidur di shelter atau saung kecil yang banyak berdiri di sepanjang pantai.

4. Dan yang terakhir dikunjungi Cilaut Eureun Pantai Santolo (Pamengpeuk)
Dari Rancabuaya ke Santolo jaraknya kurang lebih 31.5 km. Mini Bus / Elef merupakan angkutan umum yang bisa mengantarkan kita dari Rancabuaya ke Pamengpeuk, mau iseng nekad-nekadan ikut numpang diatas kendaraan pasti biayanya bisa di nego sampai setengah harga. Untuk tiket masuk bisa gratis dengan berjalan kaki masiuk gerbang, jika di Tanya Jawab saja orang dekat sekitar (Pamengpeuk).

Jika masih kurang puas menjelajahi pantai selatan Jawa Barat dari Santolo bisa dilanjutkan mengunjungi Pantai Sayang Heulang yang jaraknya berdekatan dengan pantai ini yaitu sekitar 5.8 km.

Unutk jalan Pulang akses yang paling mudah ialah menuju terminal Garut, dari terminal banyak Bis yang melayani trayek ke kota-kota besar seperti jakarta Bekasi dan kota-kota lainnya.
Gimana dengan pengalaman wisata anda sudah berani untuk nekad traveler??

Jika anda mempunya pengalaman dalam berlibur / wisata, jangan sia-siakan momen indah itu dengan mengabadikannya di Wisata Kita. Yuk Kita abadikan momen indah kita di Sini

Tag : News
1 Komentar untuk "Wisata Lebaran ala Backpacker Nekad Traveler"

Wah saya pernah tuh ngelakuin kaya gini :D via Motocross hehe
Salam kenal, Minal Aidzin :)

Back To Top