Rekreasi di Jawa barat

Kampung Dukuh

Obyek Wisata Kampung Dukuh Garut - Jawa Barat adalah merupakan sebuah perkampungan adat yang sangat kental dengan budaya dan adat yang turun temurun sejak zaman dahulu. Daya tarik kampung dukuh yang membuat pengunjung penasaran ingin mendatangi tempat ini adalah adanya sebuah paham masyarakat kampung dukuh yang sangat menjunjung keharmonisan dan keselarasan hidup bermasyarakat yang  berpengaruh pada struktur bangunan di kampung ini, hal ini terbukti dengan tidak adanya dinding dari tembok dan atap genteng serta jendela kaca pada rumah-rumah di kampung Dukuh. Paham ini menjadi sebuah aturan tetap, mereka beralasan bahwa hal yang berbau kemewahan bisa berakibat pada ketidak harmonisan / kesenjangan sosial dalam bermasyarakat.
Jika anda berkunjung ke kampung dukuh jangan heran dengan bangunan yang terdapat di perkampungan ini, rumah-rumah yang ada di kampung dukuh semuanya hampir sama terbuat dari bambu, lalu kerangkanya dibuat dari kayu, sedangkan atap rumah menggunakan ilalang berlapiskan ijuk rumbia. Jangan heran juga saat malam hari tiba anda tidak menemukan listrik, mengingat di kampung ini tidak diperkenankan adanya listrik serta barang-barang elektronik. Sedangkan untuk peralatan makan terbuat dari pepohonan seperti batok kelapa, bambu dan kayu.
Selain kampung Dukuh di Garut Jawa Barat juga terdapat kampung adat lainnya yaitu kampung Pulo yang beralamat di Desa Cangkuang Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat Indonesia

Alamat lengkap Kampung Dukuh di Garut
Kampung dukuh terletak di garut bagian selatan, tepatnya di di Desa Cijambe, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat – Indonesia.

Akses Jalan Menuju ke kampung Dukuh - Garut
Rute menuju kampung dukuh ialah jika dari Jakarta, bandung atau kota lain perjalanan awal adalah menuju ke terminal Guntur Garut, perjalan ini bisa di tempuh menggunakan bus. Kemudian dilanjutkan menuju Kecamatan Cikelet, dan dilanjutkan ke lokasi kampung Dukuh, transportasi ke lokasi bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum.
3 Komentar untuk "Kampung Dukuh"

Salut dengan masyarakat yang masih berpegang teguh dan menjaga keharmonisan warga

salam dari pamekasan madura

selamat malam. saya dodi chandra (mahasiswa arkeologi ui). rencnanya minggu ini akan mengadakan survei lapangan untuk lokasi ekpedisi budaya di Kampung Dukuh..
Nah, kalau kita dari terminal Garut ke Kampung Dukuh urutan bus yang harus kita naiki agar sampai disana,gimana dan apa2 aj?
terima kasih

Back To Top